Apply for Indonesian Youth Collaboration Forum 2018


Indonesian Youth Collaboration Forum 2018

Location : Bali, Indonesia

Date : 23-25 Februari 2018

Type Funding : Fully Funded

Close Registration : 5 Februari 2018

Website : http://www.indonesianyouthcollaborationforum.id/



Indonesian Youth Collaboration Forum 2018 merupakan sebuah wadah kolaborasi pemuda Indonesia yang diinisiasi oleh KOMA Youth Collaboration untuk menampung aspirasi pemuda dari 34 provinsi di Indonesia. Indonesian Youth Collaboration Forum 2018 hadir sebagai transformasi ruang aspirasi yang menghubungkan pemuda dengan pemerintah melalui proses analisis yang kuat serta data yang akurat. Aspirasi yang selama ini hanya disalurkan secara konvensional (tanpa data dan proses analisis) di media sosial dan aksi unjuk rasa di jalan seringkali tak berujung pada solusi yang tepat.Pemuda Indonesia yang saat ini sangat lekat dengan perangkat teknologi informasi sudah saatnya untuk menyampaikan aspirasi melalui wadah yang terintegarasi dengan proses analisis dan data yang akurat.

Indonesian Youth Collaboration Forum 2018 mengusung tema “Rembuk pemuda nasional, membangun Indonesia melalui kolaborasi dan kontribusi”. Pemuda dari 34 provinsi di Indonesia akan berembuk untuk menganalisis kebijakan pemerintah dengan 10 isu utama yang berasal dari 10 prioritas pembangunan nasional yang tertuang dalam Rencana Kerja Pemerintah tahun 2018. Isu utama tersebut meliputi: (1) Pendidikan, (2) Kesehatan, (3) Pembangunan Perumahan dan Permukiman, (4) Pengembangan Dunia Usaha dan Pariwisata, (5) Ketahanan Energi, (6) Ketahanan Pangan, (7) Penanggulangan Kemiskinan, (8) Infrasruktur, Konektivitas, Dan Kemaritiman, (9) Pembangunan Wilayah, (10) Politik, Hukum, Dan Pertahanan Dan Keamanan. Luaran yang dihasilkan dari proses analisis kebijakan yang dilakukan berupa rekomendasi pengembangan kebijakan yang mewakili setiap isu utama. Rekomendasi tersebut nantinya akan langsung diteruskan ke pemerintah untuk dijadikan bahan pertimbangan dalam proses pengembangan kebijakan.

Selain rekomendasi kebijakan, aspirasi pemuda Indonesia di Indonesian Youth Collaboration Forum 2018 juga akan dituangkan dalam bentuk deklarasi pemuda nasional dan rencana aksi pemuda. Rencana aksi tersebut merupakan bentuk kontribusi nyata yang akan dilakukan pemuda Indonesia untuk menopang proses pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah.

Mekanisme Seleksi :

1.      Tahap 1 : Biodata & Esai
Calon Delegasi wajib mengisi biodata dan essay yang dapat didownload melalui daring : bit.ly/IYCF2018
a.       Biodata berisi identitas pribadi, prestasi dan kontribusi yang telah dilakukan.
b.      Esai terdiri atas 2 topik yakni rekomendasi kebijakan dan rencana aksi (maksimal 1 halaman)
2.      Tahap 2 : Video Challenge Social Media (1 minutes)
Calon Delegasi wajib membuat video singkat berdurasi satu menit yang menjelaskan tentang rencana aksi.
3.      Tahap 3 : Interview
4.      Pengumuman Akhir
5.      Konfirmasi Kehadiran & Persiapan Keberangkatan

Panduan, Formulir dan Essay bisa didownload di SINI


 


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »